1. Menggunakan makalah untuk
mempermudah berlangsungnya pameran seni rupa yaitu dengan adanya….
a. koleksi pameran c. materi pameran e. kurasi pameran
b. aktivitas diskusi d. proposal pameran
2. Berikut bukan termasuk struktur panitia pameran seni rupa ialah….
a. bendahara c. seksi keamanan e. sekretaris
b. seksi karya d. seksi pemandu
3. Tujuan dibuatnya proposal pameran adalah untuk….
a. keberhasilan yang kurang menunjang d. kebutuhan yang diluar pameran
b. kepentingan mendapatkan izin kegiatan e. penunjang kegiatan selain pameran
c. adanya peserta dalam pameran
4. Teks yang menggambarkan isi dalam lukisan disebut dengan….
a. koleksi pameran c. materi pameran e. kurasi pameran
b. aktivitas diskusi d. proposal pameran
5. Struktur seni rupa memiliki objek-objek dalam kriterianya masing-masing yang dapat dinimati keindahannya melalui….
a. publikasi c. kenangan e. ketentraman
b. indra mata d. kejayaan
a. koleksi pameran c. materi pameran e. kurasi pameran
b. aktivitas diskusi d. proposal pameran
2. Berikut bukan termasuk struktur panitia pameran seni rupa ialah….
a. bendahara c. seksi keamanan e. sekretaris
b. seksi karya d. seksi pemandu
3. Tujuan dibuatnya proposal pameran adalah untuk….
a. keberhasilan yang kurang menunjang d. kebutuhan yang diluar pameran
b. kepentingan mendapatkan izin kegiatan e. penunjang kegiatan selain pameran
c. adanya peserta dalam pameran
4. Teks yang menggambarkan isi dalam lukisan disebut dengan….
a. koleksi pameran c. materi pameran e. kurasi pameran
b. aktivitas diskusi d. proposal pameran
5. Struktur seni rupa memiliki objek-objek dalam kriterianya masing-masing yang dapat dinimati keindahannya melalui….
a. publikasi c. kenangan e. ketentraman
b. indra mata d. kejayaan
6. Susunan kegiatan pameran seni
rupa siswa yang biasayanya ditandai dengan sambutan dari….
a. siswa c. guru e. kepala sekolah
b. panitia d. organisasi
c. guru
7. Kegiatan yang paling pening dan
mempengaruhi suasana dalam pameran seni rupa adalah….
a. penataan ruang dalam pameran
b. pelaksanaan kerja panitia
c. penyusunan panitia
d. kelengkapan property
e. adanya pengunjung
8. Berikut merupakan rangkaian
kegiatan dalam mengunjungi pameran ialah….
a. pengunjung dengan sesuka hati
berprilaku dalam pameran
b. pengunjung mengisi buku tamu
c. pengunjung tidak peduli akan
pameran
d. pengunjung mengacaukan pameran
e. pengunjung tidak memperhatikan
aturan pameran
9. Berikut bukan termasuk tujuan
pameran karya seni rupa bagi siswa adalah….
a. mengembangkan kemampuan motivasi
b. menumbuhkan kemampuan
berorganisasi
c. mengembangkan kemampuan
berapresiasi
d. menghilangkan minat dalam
berkarya
e. menumbuhkan keinginan untuk terus
berkarya
10. Hal utama ketika melakukan
perencanaan dalam pameran seni rupa adalah….
a. menentukan tema d. menyusun proposal
b. menentukan tujuan e. menyusun naskah
c. menyusun panitia
11. Lukisan terlihat abstrak yaitu
diserap dengan mengandalkan….
a. imajinasi peminat d. mata telanjang
b. tujuan pelukis e. tangan yang handal
c. kehadiran penonton
12. Wujud dari tokoh yang
menciptakan karya seni rupa bisa berupa….
a. mobil c. taman e.
lukisan
b. motor d. produk
13. Seni rupa memiliki fungsi
sebagai sarana dalam penyampaian pesan, yaitu dengan cara….
a. mementingkan kualitas karya
b. mementingkan kuantitas karya
c. mengedepankan ilmu pengetahuan
d. memberi motivasi kepada orang
lain
e. menyampaikan pesan sebagai sarana
komunikasi
14. Berikut yang bukan termasuk dari
tokoh-tokoh perupa murni adalah….
a. pelukis c. pengrafis e.
pemahat
b. petani d. pematung
15. Seni rupa memiliki konsep
sendiri di dalamnya di antaranya ialah….
a. pengertian seni rupa d. tempat seni rupa
b. aspek seni rupa e. karya seni
rupa
c. tema seni rupa
16. Berikut contoh karya seni rupa 3
dimensi adalah….
a. banner c. foto e. logo
b. poster d. patung
17. Karya seni batik merupakan warisan budaya nonbenda asli buatan Indonesia termasuk karya seni rupa…
a. satu dimensi c. tiga dimensi e. lima dimensi
b. dua dimensi d. empa dimensi
18. Lukisan yang dibuat dengan bentuk tubuh yang tidak wajar seperti kepala yang terlihat lebih besar disebut….
a. lukisan abstrak c. mozaik e. logo
b. karikatur d. kaligrafi
19. Berikut yang termasuk karya seni rupa tiga dimensi adalah….
a. monumen Pancasila c. logo e. karikatur
b. kaligrafi d. mozaik
20. Berikut bukan termasuk contoh karya seni rupa dua dimensi adalah….
a. banner c. foto e. logo
b. poster d. patung
a. banner c. foto e. logo
b. poster d. patung
17. Karya seni batik merupakan warisan budaya nonbenda asli buatan Indonesia termasuk karya seni rupa…
a. satu dimensi c. tiga dimensi e. lima dimensi
b. dua dimensi d. empa dimensi
18. Lukisan yang dibuat dengan bentuk tubuh yang tidak wajar seperti kepala yang terlihat lebih besar disebut….
a. lukisan abstrak c. mozaik e. logo
b. karikatur d. kaligrafi
19. Berikut yang termasuk karya seni rupa tiga dimensi adalah….
a. monumen Pancasila c. logo e. karikatur
b. kaligrafi d. mozaik
20. Berikut bukan termasuk contoh karya seni rupa dua dimensi adalah….
a. banner c. foto e. logo
b. poster d. patung
21. Pendektan dalam karya seni rupa
dengan menggunakan pendekatan saintifik lebih mencakup, kecuali pada aspek….
a. visual c. kreasi seni e.
aktivitas
b. kata-kata d. konseptual
22. Karya seni rupa yang lebih
mengandalkan persyaratan-persyaratan tertentu adalah seni rupa….
a. terapan c. murni e.
klasik
b. nyata d. modern
23. Karya seni yang masih klasik
dibuat dengan menggunakan bahan bamboo, kayu, tanah liat, dan banyak lagi
termasuk dalam seni….
a. murni c. kriya e.
modern
b. terapan d. klasik
24. Karya seni yang bebas tanpa
adanya pertimbangan termasuk seni rupa….
a. murni c. kriya e.modern
b. terapan d.klasik
25. Karya seni rupa yang lebih
mementingkan keindahan termasuk seni rupa….
a. terapan c. murni e.
klasik
b. nyata d. modern
26. Perbedaan yang utama antara
pameran tunggal dengan pameran kelompok dapat dilihat dari….
a. ragam dan jenis karyanya d. bentuk karyanya
b. waktunya e. jumlah seniman yang ikut pameran
c. tempatnya
27. Menyusun kepanitiaan merupakan salah satu proses kegiatan pameran dalam tahap….
a. perencanaan pameran d. evaluasi kegiatan pameran
b. persiapan pameran e. laporan kegiatan pameran
c. pelaksanaan pameran
28. Fungsi panil dalam ruang pamer adalah….
a. meletakkan karya dua dimensi
b. tempat informasi mengenai segala hal yang berkaitan dnegan pameran
c. menuliskan pesan dank san bagi pengunjung selama mengunjungi pameran
d.menempelkan karya dua dimensi seperti lkisan, gambar, dan sketsa
e. menuliskan identitas seniman beserta karya yang dipamerkan
29. Tenaga ahli yang melakukan penyeleksian karya seni rupa, sehingga layak ditampilkan dalam pameran disebut…
a. curator c. kritikus e. kolektor
b. apresiator d. selector
c. kritikus
a. ragam dan jenis karyanya d. bentuk karyanya
b. waktunya e. jumlah seniman yang ikut pameran
c. tempatnya
27. Menyusun kepanitiaan merupakan salah satu proses kegiatan pameran dalam tahap….
a. perencanaan pameran d. evaluasi kegiatan pameran
b. persiapan pameran e. laporan kegiatan pameran
c. pelaksanaan pameran
28. Fungsi panil dalam ruang pamer adalah….
a. meletakkan karya dua dimensi
b. tempat informasi mengenai segala hal yang berkaitan dnegan pameran
c. menuliskan pesan dank san bagi pengunjung selama mengunjungi pameran
d.menempelkan karya dua dimensi seperti lkisan, gambar, dan sketsa
e. menuliskan identitas seniman beserta karya yang dipamerkan
29. Tenaga ahli yang melakukan penyeleksian karya seni rupa, sehingga layak ditampilkan dalam pameran disebut…
a. curator c. kritikus e. kolektor
b. apresiator d. selector
c. kritikus
30. Label yang berisi judul lukisan,
ukuran, nama seniman, tahun pembuatan, teknik, dan media karya seni rupa
disebut….
a. panil c. katalog e. buku tamu
b. folder d. buku pesan dan kesan
a. panil c. katalog e. buku tamu
b. folder d. buku pesan dan kesan
31. Fungsi utama pameran seni rupa
bagi perupa atau senimannya adalah untuk….
a. membanggakan hasil karyanya kepada masyarakat
b. menambah wawasan dan pengetahuannya mengenai seni teater
c. mengomunikasikan ide atau gagasan karyanya kepada masyarakat
d. menambah jumlah penggemar karya-karyanya
e. menambah koleksi karya-karya seni rupa
32. Berikut fungsi –fungsi pameran seni rupa di sekolah, kecuali….
a. meningkatkan apresiasi karya seni rupa
b. penyegaran dari kejenuhan belajar di kelas
c. mengembangkan bakat keaktoran bagi siswa di sekolah
d. belajar berorganisasi
e. membangkitkan motivasi berkarya seni rupa
33. Kegiatan-kegiatan berikut yang termasuk dalam tahap perencanaan pameran seni rupa adalah….
a. menentukan tema dan tujuan pameran
b. menyusun kepanitiaan
c. menentukan waktu dan tempat
d. menyusun agenda kegiatan
e. laporan kegiatan pameran
34. Pameran yang menampilkan salah satu cabang seni rupa disebut pameran….
a. tunggal c. heterogen e. kelompok
b. homogeny d. tetap
35. Pameran yang waktu dan tempat penyelenggaraannya serta koleksi karya yang dipamerkan tidak berubah disebut pameran….
a. tetap c. incidental e. kelompok
b. heterogen d. homogen
a. membanggakan hasil karyanya kepada masyarakat
b. menambah wawasan dan pengetahuannya mengenai seni teater
c. mengomunikasikan ide atau gagasan karyanya kepada masyarakat
d. menambah jumlah penggemar karya-karyanya
e. menambah koleksi karya-karya seni rupa
32. Berikut fungsi –fungsi pameran seni rupa di sekolah, kecuali….
a. meningkatkan apresiasi karya seni rupa
b. penyegaran dari kejenuhan belajar di kelas
c. mengembangkan bakat keaktoran bagi siswa di sekolah
d. belajar berorganisasi
e. membangkitkan motivasi berkarya seni rupa
33. Kegiatan-kegiatan berikut yang termasuk dalam tahap perencanaan pameran seni rupa adalah….
a. menentukan tema dan tujuan pameran
b. menyusun kepanitiaan
c. menentukan waktu dan tempat
d. menyusun agenda kegiatan
e. laporan kegiatan pameran
34. Pameran yang menampilkan salah satu cabang seni rupa disebut pameran….
a. tunggal c. heterogen e. kelompok
b. homogeny d. tetap
35. Pameran yang waktu dan tempat penyelenggaraannya serta koleksi karya yang dipamerkan tidak berubah disebut pameran….
a. tetap c. incidental e. kelompok
b. heterogen d. homogen
36. Bentuk karya seni rupa yang
berasal dari alam disebut bentuk….
a. figurative c. semu e. nyata
b. abstraktif d. simbolis
37. Sebuah ruang yang diisi atau ditempati wujud adalah bentuk ruang….
a. transparan
b. gelap c. negative e. nyata
c. negative d. positif
38. Tingkatan warna dari gelap ke terang dalam urutan satu warna disebut….
a. monokhromatik c. analogues e. imajinatif
b. dialogues d. stereokhromatik
39. Dalam sebuah penciptaan karya seni rupa agar perhatian kita hanya akan tertuju pada suatu titik pusat disebut….
a. balance c. centre of interest e. audience
b. repetition d. ritme
40. Lukisan aka nada kesan jauh dekat karena adanya….
a. jarak c. distansi e. struktur
b. gelap terang d. tarefil
a. figurative c. semu e. nyata
b. abstraktif d. simbolis
37. Sebuah ruang yang diisi atau ditempati wujud adalah bentuk ruang….
a. transparan
b. gelap c. negative e. nyata
c. negative d. positif
38. Tingkatan warna dari gelap ke terang dalam urutan satu warna disebut….
a. monokhromatik c. analogues e. imajinatif
b. dialogues d. stereokhromatik
39. Dalam sebuah penciptaan karya seni rupa agar perhatian kita hanya akan tertuju pada suatu titik pusat disebut….
a. balance c. centre of interest e. audience
b. repetition d. ritme
40. Lukisan aka nada kesan jauh dekat karena adanya….
a. jarak c. distansi e. struktur
b. gelap terang d. tarefil
41. Karya seni rupa murni berfungsi
mementingkan segi estetis atau….
a. keindahan c. kepandaian e. kemahiran
b. kebaikan d. kepiawaian
42. Berikut yang termasuk karya seni rupa murni adalah….
a. lukisan c. gerabah e. grafika
a. keindahan c. kepandaian e. kemahiran
b. kebaikan d. kepiawaian
42. Berikut yang termasuk karya seni rupa murni adalah….
a. lukisan c. gerabah e. grafika
b. topi anyaman d. kerajinan
43. Komposisi berasal dari kata composition yang berarti susunan atau pengaturan dari bahasa….
a. Yunani c. Latin e. Jepang
b. Inggris d. Belanda
44. Kontak dengan lingkungan lebih banyak dihasilkan lewat penglihatan, sehingga apa yang dilihat diwujudkan persis sama dengan yang dilihatnya. Jenis seniman tersebut bertipe….
a. natural c. impresif e. imposible
b. ekspresif d. abstraktif
45. Garis yang dihasilkan dari coretan langsung atau goresan langsung dapat digolongkan garis….
a. fiktif c. nyata e. imajinasi
b. lurus d. semu
46. Perkembangan seni rupa yang dilihat dari aspek kesejarahan sebagai rangkaian perubahan termasuk seni rupa….
a. pop c. kontemporer e. pramodern
b. modern d. postmodern
47. Ciri khas dari seni rupa aliran primitivisme bahwa manusia pada zaman dahulu lebih….
a. modern c. primitive e. aktraktif
b. klasik d. aktif
48. Karya seni lukis yan lebih menggambar dengan bentuk nyata atau mirip dengan aslinya termasuk aliran….
a. pop c. konseptual e. kontenporer
b. optic d. naturalisme
49. Seni rupa yang menggunakan konsep sebagai latar belakang termasuk seni….
a. pop c. konseptual e. kontenporer
b. optic d. naturalisme
50. Seni rupa yang lebih mengarah pada karya seni kritik sosial masyarakat termasuk rupa….
a. pop c. kontemporer e. pramodern
b. modern d. postmodern
43. Komposisi berasal dari kata composition yang berarti susunan atau pengaturan dari bahasa….
a. Yunani c. Latin e. Jepang
b. Inggris d. Belanda
44. Kontak dengan lingkungan lebih banyak dihasilkan lewat penglihatan, sehingga apa yang dilihat diwujudkan persis sama dengan yang dilihatnya. Jenis seniman tersebut bertipe….
a. natural c. impresif e. imposible
b. ekspresif d. abstraktif
45. Garis yang dihasilkan dari coretan langsung atau goresan langsung dapat digolongkan garis….
a. fiktif c. nyata e. imajinasi
b. lurus d. semu
46. Perkembangan seni rupa yang dilihat dari aspek kesejarahan sebagai rangkaian perubahan termasuk seni rupa….
a. pop c. kontemporer e. pramodern
b. modern d. postmodern
47. Ciri khas dari seni rupa aliran primitivisme bahwa manusia pada zaman dahulu lebih….
a. modern c. primitive e. aktraktif
b. klasik d. aktif
48. Karya seni lukis yan lebih menggambar dengan bentuk nyata atau mirip dengan aslinya termasuk aliran….
a. pop c. konseptual e. kontenporer
b. optic d. naturalisme
49. Seni rupa yang menggunakan konsep sebagai latar belakang termasuk seni….
a. pop c. konseptual e. kontenporer
b. optic d. naturalisme
50. Seni rupa yang lebih mengarah pada karya seni kritik sosial masyarakat termasuk rupa….
a. pop c. kontemporer e. pramodern
b. modern d. postmodern
Jawaban
1.
E 11.
A 21. E 31. C 41. A
2.
C 12.
E 22. A 32. C 42. A
3.
B 13.
E 23. C 33. E 43. B
4.
E 14.
B 24. A 34. B 44. A
5.
B 15.
B 25. C 35. A 45. C
6.
E 16.
D 26. E 36. B 46. E
7.
A 17.
B 27. A 38. A 47. E
8.
B 18.
B 28. A 38. D 48. D
9.
D 19.
A 29. D 39. C 49. E
10.
B 20.
D 30. C 40. C 50. D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar