Jumat, 16 Oktober 2020

Materi Seni Budaya Kelas 10 Semester 1...( BAB 1)

 B. Unsur dan Obyek Karya Seni Rupa 

    Dalam sebuah karya seni rupa, unsur fisil dapat secara langsung dilihat dan atau diraba, sedangkan unsur non fisik adalah prinsip atau kaidah-kaidah umum yang digunakan untuk menempatkan unsur-unsur fisik dalam sebuah karya seni rupa.

    Unsur-unsur fisik dalam sebuah karya seni rupa pada dasarnya meliputi semua unsur visual yang terdapat pada sebuah benda.

    Unsur-unsur Rupa sebagai berikut :

1. Garis ( line )

    Garis adalah unsur fisik yang mendasar dan penting dalam mewujudkan sebuah karya seni rupa . Garis memiliki dimensi yang memanjang dan mempunyai arah serta sifat-sifat khusus seperti : pendek, panjang, vertikal, horizontal, lurus, melengkung, berombak dan seterusnya.

2. Raut ( Bidang dan Bentuk )

    Raut merupakan tampak, potongan atau wujud dari suatu objek.Istilan BIdang umumnya digunakan untuk menunjuk wujud benda yang cenderung pipih atau datar.

    Bangun atau Bentuk lebih menunjukan kepada wujud benda yang memiliki volume.

3. Ruang 

    Unsur ruang dalam sebuah karya seni rupa 2 dimensi menunjukan kesan dimensi dari obyek yang terdapat pada karya seni rupa tersebut.

    Pada karya dua dimensi kesan ruang dapat dihadirkan dalam karya dengan pengolahan unsur-unsur kerupaan lainnyaseperti perbedaan intensitas warna, terang-gelap, atau menggunakan teknik menggambar perspektif untuk menciptakan ruang semu (khayal).

4. Tekstur

    Tekstur atau Barik adalah unsur rupa yang menunjukan kualitas taktis dari suatu permukaan atau penggambaran stuktur permukaan suatu objek pada karya seni rupa.

    Berdasarkan wujudnya, tekstur dapat dibedakan atas tekstur asli dan tekstur buatan.

Tekstur asli adalah perbedaan ketinggian permukaan objek yang nyata dan dapat diraba.

Tekstur buatan adalah kesan permukaan objek yang timbul pada suatu bidang karena pengolahan unsur garis, warna, ruang dan terang-gelap.

5. Warna

    Warna adalah unsur rupa yang paling menarik perhatian. menurut teori warna Brewster, semua warna yang ada berasal dari tiga warna pokok (primer) yaitu merah, kuning dan biru.

Dalam berkarya seni rupa terdapat beberapa teknik penggunaan warna yaitu secara harmonis, heraldis, murni, monokromatik, dan polikromatik.

6. Gelap-Terang

    Unsur gelap-terang pada karya seni rupa timbul karena adanya perbedaan intensitas cahaya yang jatuh pada permukaan benda. Perbedaan ini menyebabkan munculnya tingkat nada warna (value) yang berbeda. Bagian yang terkena cahaya akan lebih terang dan bagian yang kurang terkena cahaya akan tampak lebih gelap.

  Halaman berikutnya >>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar