Senin, 12 Oktober 2020

Materi Seni Budaya Kelas 10 Semester 1...( BAB 1) Berkarya Seni Rupa

Kompetensi Dasar

3.1 Memahami konsep, unsur, prinsip, bahan dan teknik dalam berkarya seni rupa dua dimensi


  BAB 1

BERKARYA SENI RUPA

    Sering kali kita tidak menyadari bahwa benda-benda yang dekat dengan aktivitas kita sehari-hari adalah karya seni rupa. Karya seni rupa ini ada yang berdimensi dua dan berdimensi tiga. 

    Tahukah kalian apa artinya dimensi dalam karya seni rupa?

    Karya seni rupa dua atau tiga dimensi dibedakan dari bagian karya yang diserap oleh mata. Pada bagian inilah kalian akan melihat bentuk obyek yang terdapat di dalamnya.

    Karya seni rupa dua dimensi (2D) ada yang memiliki fungsi pakai dan ada yang memiliki fungsi hias atau fungsi ekspresi saja. Ada berbagai aspek dalam karya seni rupa dua dimensi.

    Berbagai unsur rupa seperti garis, bentuk, bidang, warna disusun sedemikian rupa sehingga membentuk obyek tertentu pada karya seni rupa dua dimensi tersebut.

    Untuk mewujudkan karya seni rupa dua dimensi ini digunakan berbagai bahan, medium, dan teknik sesuai dengan obyek dan fungsi yang diinginkan.

A. Seni Rupa 2 Dimensi

    Karya seni rupa dapat dibedakan berdasarkan bentuk (dimensi) maupun fungsinya.

    Berdasarkan dimensinya, karya seni rupa dibagi dua yaitu karya seni rupa dua dimensi yang mempunyai dua ukuran, dan karya seni rupa tiga dimensi yang mempunyai tiga ukuran atau memiliki ruang.

    Berdasarkan fungsinya, karya seni rupa ada yang dibuat dengan pertimbangan utama untuk memenuhi fungsi praktis. Karya seni rupa semacam ini dikategorikan dalam jenis karya seni rupa terapan ( applied art). Pembuatan kayra seni rupaterapan ini umumnya melalui proses perancangan (desain). Pertimbangan aspek-aspek kerupaan dalam karya seni terapan berpungsi untuk memperindah bentuk dan tampilan sebuah benda serta meningkatkan kenyamanan penggunanya.

    Ada juga karya seni rupa yang dibuat dengan tujuan untuk dinikmati keindahan dan keunikannya saja tanpa mempertimbangkan fungsi praktisnya. Karya seni rupa dengan kategori ini disebut karya seni rupa murni yang umumnya digunakan sebagai elemen estetis untuk memperindah  ruangan atau tempat tertentu.

    Selain berdasarkan bentuk (dimensi) dan fungsinya, karya seni rupa juga digolongkan berdasarkan karakteristik media, teknik, bahan serta orientasi pembuatannya. berdasarkan karakteristik ini kita mengenal berbagai jenis karya seni rupa seperti seni lukis, seni patung, seni grafis, seni kria dan desain. 

>>>halaman berkutnya

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar